Meditasi (Pelatihan)

Friday, October 7, 2011


            Sebelumnya saya telah membahasas mengenai meditasi yang digunakan sebagai relaxing mind yang mana dapat dipraktikan dengan mudah untuk anda. Sekarang saya akan membahas mengenai meditasi dalam cangkupan yang lebih rinci. Sebenarnya, info mengenai meditasi dapat anda peroleh dari berbagai buku-buku tetapi disini saya akan membahas lebih mudah untuk dimengerti dan tidak terlalu berpanjang lebar.
            Meditasi suatu proses di mana badan kita baik itu fisik ataupun rohani dalam keadaan tenang dan pikiran dapat di kendalikan secara utuh oleh diri kita sendiri, yang memungkinkan kita untuk merasakan relaxing dan penyatuan dengan alam sekitar. Ada berbagai manfaat yang akan anda dapatkan dalam melakukan meditasi. Tidak hanya relaxing mind seperti yang telah saya jelaskan, tetapi manfaat yang lebih besar. Ada banyak cara yang mungkin ada untuk melakukan meditasi, anda dapat membuat cara anda sendiri untuk melakukan sebuah meditasi, tetapi ingat tujuan dari meditasi itu harus tetap untuk mencapai sebuah tujuan yang benar.
            Yang pertama anda harus ketahui adalah bagian-bagian cakra yang ada pada diri kita sendiri. Anda dapat melihatnya (Click here). Setelah anda mengerti dengan jelas mengenai cakra-cakra tersebut anda dapat mulai mencari sumber lain untuk memperdalam pengetahuan anda mengenai meditasi. Anda dapat mencari di youtube atau website lainnya mengenai kemampuan meditiasi yang ditampilkan dalam bentuk video.
*Control your breath*
            Bagaimana cara untuk mengembangankan cakra-cakra tersebut? Tidak dengan membaca, menulis, tidur-tiduran tetapi dengan melakukan meditasi atau yoga. Meditasi dapat mengembangkan pusat-pusat cakra anda secara bertahap. Tidak dalam sekali melakukan meditasi cakra anda akan berkembang pesat, tetapi butuh waktu tergantung dari tekad dan kemauan anda dalam mengembangan cakra anda sendiri. Setiap cakra  tentu berbeda dalam melatih atau mengembangkannya, tetapi tetap dalam jangkuan meditasi yang anda lakukan. Pada saat pertama saya melakukan meditasi, cakra pertama yang saya latih atau kembangkan yaitu cakara mahkota (Crown) karena itulah gerbang utama untuk melatih atau mengembangankan cakra-cakra lainnya. Berikut saya akan menjelaskan bagaimana langkah untuk melakukan meditasi untuk melatih atau mengembangkan cakra mahkota pada diri anda.
·          Hal pertama yang harus anda ketahui adalah keinginan anda. Lepaskanlah segala hal buruk yang ada. Jernihkan seluruh pikiran anda dengan hal-hal positif. Dan Tunjukan bahwa anda benar-benar ingin untuk mengembangankan cakra tersebut.
·          Carilah tempat yang memungkinkan anda untuk melakukan meditasi, tidak dalam lingkungan yang ramai sehingga tidak ada orang yang dapat mengganggu anda dalam proses tersebut. Kamar dapat dijadikan solusi, pastikan kamar itu bersih dan sunyi. Mengapa harus sunyi atau sepi? Dalam melakukan proses meditasi yang hanya anda dengar adalah detak jatung anda dan suara hati anda. Hilangkan suara yang lain yang mengganggu konsentrasi anda dalam melakukan meditasi.
·          Duduklah dengan nyaman, dengan duduk bersila dan kedua tangan diletakkan di atas lutut. Duduklah dengan relax sehingga tidak ada terasa beban saat itu. Tenangkan diri anda sehingga posisi itu telah membuat anda cukup nyaman untuk melakukan langkah berikutnya.
·          Selanjutnya Hilangkan semua hal negative dalam diri anda, hilangkan semua ego dalam diri anda, hilangkan semua emosi-emosi amarah yang ada dalam diri anda anggap semua beban telah selesai bayangkan anda berada disuatu tempat yang akan dapat menenangkan seluruh pikiran, badan dan jiwa anda.
·          Kendalikan pernafasan anda dengan teratur. Tarik nafas, tahan dan hembuskan dengna irama. Lakukan ini sekitar 20 menit untuk proses penenangan.
·          Bayangkan cahaya putih berada beberapa cm tepat diatas kepala anda, bayangkan cahaya itu bersinar terang, menyinari seluruh badan anda tanpa terkecuali. Rasakan cahaya itu menyentuh seluruh permukaan kulit anda. Visualisasikan cahaya putih yang bersinar terang membersihkan diri anda dari segala hal negative, dari segala beban yang ada. Rasakan seluruh sifat buruk anda keluar dari badan anda. Rasakan cahaya itu masuk kedalam diri anda melalui atas kepala anda, masuk kedalam dan menyebar keseluruh badan anda, mengeluarkan seluruh hal negative dan membersihan diri anda. Teruslah memvisualisasikan cahaya itu menyinari diri anda lebih terang dan lebih terang, menyinari seluruh badan anda sehingga anda merasa seperti hidup kembali.
·          Rasakan cahaya itu masuk berlahan melalui atas kepala anda (cakra mahkota atau crown), masuk berlahan sehingga anda dapat merasakan cahaya itu menyinari seluruh kepala anda.
·          Rasakan cahaya itu menghubungkan anda dengan sumber cahaya di atas.
·          Teruslah memvisualisasikan sekitar tiga puluh menit atau lebih
     Itulah hal pertama yang harus anda lakukan dalam meditasi yaitu pertama mengembangkan cakra mahkota (Crown) yang ada pada diri anda. Lakukan hal itu sekitar 4 minggu atau dimana anda mulai sudah merasa bahwa itu cukup. Untuk melatih atau mengembangkan cakra yang lainnya, cara yang digunakan sama, tetapi dalam memvisualisasikan ada perbedaan. Seperti Jika anda akan melatih atau mengembangkan heart cakra, anda memvisualisasikan cahaya itu turun dari atas masuk secara berlahan melalui cakra mahkota dan turun ke bawah terus kebawah sehingga cahaya itu sekarang berada ditengah dada anda. Bayangkan cahaya itu bersinar terus bersinar sehingga menyinari seluruh badan anda, rasakan cinta, kasih saying, persahabatan, alam dan segala hal yang pernah anda rasakan yang berarti positif.
      Apa yang anda lakukan selanjutnya selain melakukan meditasi? Hal terpenting yang anda lakukan yaitu dalam kehidupan sehari-hari hilangkan semua hal negative yang ada baik itu pikiran, perkataan ataupun perbuatan. Mulailah dengan hal-hal suci yang positif, itu adalah langkah awal untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Jagalah semua mahluk hidup didunia ini karena mereka juga mempunyai hidup seperti kita baik itu tumbuhan ataupun hewan. Mulailah hidup anda dengan baik, dan mencoba untuk melakukan semua pekerjaan dengan hati yang tulus, sejujurnya itu akan membantu anda.
*It’s a secret*
     Apa yang anda dapatkan dari meditasi yang anda lakukan? Setiap pusat cakra memegang kendali tersendiri tetapi tetap saling terhubung satu dengan yang lainnya. Setiap cakra yang anda kembangkan atau anda latih tentu saja memiliki fungsi yang luar biasa yang akan anda dapatkan. Semua itu akan baik dengan latihan yang tekun dan niat dari diri anda. Ada beberapa yang mungkin anda akan rasakan setelah melakukan meditasi itu. Seperti sedikit sakit kepala, itu menandakan cakra mahkota anda sedang bekerja, itu akan terbiasa suatu saat. Atau mungkin anda merasa sakit di tengah-tengah antara alis anda, itu menandakan bahwa cakra ajna anda sedang bekerja. Ada hal yang mungkin ada belum ketahui dan oleh sebab itu saya sarankan untuk mencari lebih mengenai hal yang lebih rinci. Untuk manfaat lain yang akan anda dapatkan dari meditasi, mungkin tidak dapat saya jelaskan lebih rinci. Biarlah itu menjadi sebuah rahasia yang akan anda miliki jika berhasil mengontrol atau mengembangkan meditasi ini. 
 

Share This Post

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...