Stomata, Homeostasis dan Otot

Wednesday, September 28, 2011


 
This Article number among about biologi, which discussed muscle, homeostasis and stomata. And if you wanna to download this file in other form, like a power point, you could do it. Because I have uploaded that.  But, this is not really complete. I’ve been trying to note down other questions that I got on biology’s lesson. Perhaps, there are 40 questions (Coming soon). Hope,  helpful and don’t flog a dead horse this for  yeah,  




1.Bagaimana fungsi stomata dalam membantu fotosintesis dan respirasi?
            Stomata adalah suatu celah pada epidermis yang di batasi oleh dua sel penutup yang bersisi kloroplas dan mempunyai bentuk dan fungsi yang berlainan dengan epidermis. Stoma terletak pada bagian epidermis bawah.           
Respirasi sel adalah penguraian senyawa kompleks menjadi senyawa lebih sederhana dengan membebaskan energi. Mengatur masuknya CO2 dari udara dankeluarnya O2 ke udara saat fotosintesis dan ke arah sebaliknya saat tumbuhan melakukan respirasi      
            Stomata atau mulut daun terdiri atas celah atau lubang yang dikelilingi oleh dua sel penjaga dan terletak di daun. Stomata berfungsi sebagai tempat pertukaran gas pada tumbuhan, sedangkan sel penjaga berfungsi untuk mengatur, membuka dan menutupnya stomata.
            Stomata tumbuhan pada umumnya membuka pada saat matahari terbit dan menutup saat hari gelap. Membuka dan menutupnya stomata dipengaruhi oleh kandungan air dan ion kalium di dalam sel penjaga. Ketika sel penjaga memiliki banyak ion kalium, air dari sel tetangga akan masuk ke dalam sel penjaga secara osmosis. Akibatnya, dinding sel penjaga yang berhadapan dengan celah stomata akan tertarik ke belakang, sehingga stomata menjadi terbuka. Sebaliknya, ketika ion kalium keluar dari sel penjaga, air dari sel penjaga akan berpindah secara osmosis ke sel tetangga. Akibatnya, sel tetangga mengembang dan mendorong sel penjaga ke arah celah sehingga stomata menutup.
            Pada saat membuka stomata CO2 akan masuk, dimana CO2 merupakan bahan untk melakukan proses fotosintesis. Sedangkan pada saat respirasi tanaman, tanaman akan menghirup CO2 dan mengeluarkan O2 yang akan di selanjutnya akan di hirup oleh manusia.




*Membuka dan menutupnya stomata diatur oleh sel penjaga (guard cell) : stoma membuka (kiri), stoma menutup (kanan)*

2. Sebutkan dan jelaskan pengatur dan mekanisme lain yang membantu tanaman dalam memelihara homeostasis.
            Homeostasis adalah kecenderungan beberapa parameter fisiologi untuk dipertahankan pada suatu tingkat yang boleh dikatakan konstan. Kebanyakan kajian tentang homeostasis melibatkan hewan; suhu tubuh burung dan mamalia merupakan contoh yang baik-sekali untuk menjelaskan fenomena itu. Contoh yang baik pada tumbuhan ialah konsentrasi berbagai senyawa dalam sitosol yang boleh dikatakan konstan, misalnya konsentrasi ion hidrogen (pH). Vakuola memegang peran penting dalam mempertahankan pH sitosol yang konstan itu. Kelebihan ion hidrogen di sitosol akan dipompa masuk ke vakuola. Rasa masam yang tajam pada jeruk karena konsentrasi aram sitrat yang tinggi di vakuola merupakan contoh yang jelas. Contoh lain, pohon akan menggugurkan daunnya dan menyerap air di saat udara dan lingkungannya panas. Tumbuhan itu juga akan melakukan gutasi. Gutasi adalah proses pelepasan air dari jaringan daun dalam bentuk cair. Gutasi terjadi melalui lubang-lubang pengeluaran yang terdapat pada bagian tepi daun sebagai bagian dari proses pengeluaran kelebihan air sebagai sisa metabolisme, khususnya pada saat pengeluaran dengan cara transpirasi (penguapan) tidak efektif, misalnya pada malam hari

3. Sebutkan ada beberapa macam jaringan otot yang saudara kenal dan bagaimana sifat serta fungsi masing-masing otot tersebut.
Otot manusia bekerja dengan cara berkontraksi sehingga otot akan memendek, mengeras dan bagian tengahnya menggelembung (membesar). Karena memendek maka tulang yang dilekati oleh otot tersebut akan tertarik atau terangkat. Kontraksi satu macam otot hanya mampu untuk menggerakkan tulang kesatu arah tertentu. Agar tulang dapat kembali ke posisi semula, otot tersebut harus mengadakan relaksasi dan tulang harus ditarik ke posisi semula. Untuk itu harus ada otot lain yang berkontraksi yang merupakan kebalikan dari kerja otot pertama. Jadi, untuk menggerakkan tulang dari satu posisi ke posisi yang lain, kemudian kembali ke posisi semula diperlukan paling sedikit dua macam otot dengan kerja yang berbeda.
Manusia tidak akan dapat melakukan pergerakan, sebab otot merupakan alat gerak aktif yang sangat penting bagi manusia.
Menurut jenisnya, ada 3 macam otot, yaitu:
Otot Polos
·         Bentuknya gelondong, kedua ujungnya meruncing dan dibagian tengahnya menggelembung.
·         Mempunyai satu inti sel.
·         Tidak memiliki garis-garis melintang (polos).
·         Bekerja diluar kesadaran, artinya tidak dibawah pe tah otak, oleh karena itu otot polos disebut sebagai otot tak sadar.
·         Terletak pada otot usus, otot saluran peredaran darah otot saluran kemih, dan lain lain.
·         Sifat gerakan otot polos tidak menurut kehendak dan tahan kelelahan.
Otot Lurik
·         Bentuknya silindris, memanjang.
·         Tampak adanya garis-garis melintang yang tersusun seperti daerah gelap dan terang secara berselang-seling (lurik).
·         Mempunyai banyak inti sel.
·         Bekerja dibawah kesadaran, artinya menurut perintah otak, oleh karena itu otot lurik disebut sebagai otot sadar.
·         Terdapat pada otot paha, otot betis, otot dada, otot.
·         Berfungsi untuk mengerakkan tulang-tulang anggota tubuh dengan kontraksi yang kuat dan cepat.
·         Sifat gerakan otot lurik menurut kehendak kita atau perintah otak dan tidak tahan kelehan.

Otot Jantung
·         Otot jantung ini hanya terdapat pada jantung. Struk turnya sama seperti otot lurik, gelap terang secara berselang seling dan terdapat percabangan sel.
·         Kerja otot jantung tidak bisa dikendalikan oleh kemauan kita, tetapi bekerja sesuai dengan gerak jantung. Jadi otot jantung menurut bentuknya seperti otot lurik dan dari proses kerjanya seperti otot polos, oleh karena itu disebut juga otot spesial.
·         Otot jantung berfungsi untuk mengerakan denyut jantung. Sifat gerakan otot jantung tidak menurut kehendak kita dan tahan terhadap kelelahan.

*Otot Lurik*


*Otot Jantung*


*Otot Polos*

Share This Post

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...