Anemia

Saturday, September 10, 2011


             Keadaan global sekarang semakin pesat. Pusat-pusat pertokoan, perusahaan dnalain sebagainya berkembang mengikuti zaman modern saat ini. Tidak kerkecuali manusia sebagai pengatur itu semua. Pekerjaan yang berat ataupun yang menguras waktu cukup lama dapat mempunai efek samping pada diri anda. Tidak hanya kelelahan tetapi juga beberapa penyakit akan datang. 5 L yaitu Lemah, letih, lesu, lunglai dan Lemas merupakan salah satu tanda dari Anemia. Mungkin anda sebagai pekerja keras, terutama di kantor-kantor perusahaan yang juga menguras otak yang lumayan besar tidak terlalu serius menanggapi hal ini, karena telah biasa terjadi. Tetapi, anda harus tetap memperhatikan kondisi fisik anda untuk tetap menjaga kesehatan. Tentunya anda sudah mengenal kata anemia. Ya, Anemia adalah turunnya kadar sel darah merah atau hemoglobin dalam darah  sehingga menyebabkan anda merasa pusing dan lemah. Untuk informasi lebih jelas mengenai Anemia, berikut saya paparkan..
Perbedaan Jumlah sel darah merah normal dan dibawah normal
            Anemia adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Anemia sangat berbahaya bagi tubuh karena fungsi darah sebagai sarana transportasi oksigen dan zat gizi akan terganggu. Jika seseorang menderita anemia, maka pasokan oksigen akan berkurang yang nantinya akan menghambat proses fisiologis dan biokimia dalam jaringan tubuh. Gejala yang sering muncul pada penderita anemia antara lain 5L (lemah,letih.lesu,lunglai, lemas) pada keadaan yang lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh yang lain.
            Sumsum tulang membuat sel darah merah, proses ini membutuhkan zat besi, serta vitamin B12 dan asam folat. Eritropoietin (EPO) merangsang pembuatan sel darah merah. EPO adalah hormone yang di buat oleh ginjal. Anemia dapat terjadi bila tubuh tidak membuat sel darah merah secukupnya. Anemia juga disebabkan kehilangan atau kerusakan pada sel tersebut. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Hemoglobin adalah pigmen yang membuat sel darah berwarna merah yang pada akhirnya akan membuat darah manusia berwarna merah. Menurut fungsinya, hemoglobin merupakan media transport oksigen dari paru paru ke jaringan tubuh. Seperti kita ketahui bersama, oksigen merupakan bagian terpenting dari metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Hemoglobin juga berfungsi membawa karbondioksida hasil metabolisme dari jaringan tubuh ke paru-paru untuk selanjutnya dikeluarkan saat bernafas. Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah, sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang diperlukan tubuh .
            Ada beberapa factor yang dapat menyebabkan anemia, yaitu
v Kekurangan zat besi, vitamin B12 atau asam folat. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan jenis anemia yang disebut megaloblastik, dengan sel darah merah yang besar berwarna muda
v Kerusakan pada sumsum tulang atau ginjal
v Kehilangan darah akibat pendarahan dalamatau siklus haid pada wanita
v Penghancuran sel daram merah (anemia hemilitik)
            Penyebab utama seseorang mengalami anemia adalah kekurangan zat besi. Kondisi ini tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan melalui beberapa tahapan. Mula-mula simpanan zat besi dalam tubuh menurun hingga mengurangi produksi hemoglobin dan sel darah merah secara perlahan. Pada anan, anemia dapat terjadi karena infeksi oleh cacing tambang, malaria ataupun disentri yang menyebabkan kekurangan darah yang memenuhi normal.
            Selain kekurangan zat besi, Menurut informasi yang saya dapatkan, ada dua jenis jenis anemia yang dapat di derita oleh anak-anak, yaitu
1.     Aplastic anemia, terjadi jika sel yang memproduksi butir darah merah pada sumsum tulang belakang tidak berfungsi dengan baik. Itu dapat terjadi karena infeksi virus, radiasi, kemoterapi atau sebagai dampak akibat penggunaan obat-obat terntentu yang di konsumsi oleh anak.
2.   Haemolytic anemia, terjadi jika ketika sel darah  merah hancur secara dini. Lebih cepat dari kemampuan tubuh untuk memperbaruinya. Penyebab haemolytic anemia ini bermacan-macam, dapat terjadi karena bawaan. Pada kasus lain, seperti reaksi atas infeksi atau obat-obatan tertentu yang di konsumsi, sel darah merak dirusak oleh antibody tubuh sendiri
            Perempuan biasanya akan lebih mudah menderita anemia jika dibandingkan dengan laki-laki karena seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, wanita mengalami pendarahan atau yang disebut haid tiap bulannya. Perempuan juga rentan mengalami kekurangan zat besi. Pada orang dewasa, kekurangan zat besi sering disebabkan oleh karena kehilangan darah khronis. Kehilangan darah khronis juga bisa disebabkan oleh karena kanker terutama kanker pada usus besar. Anemia juga bisa disebabkan oleh karena perdarahan usus yang disebabkan oleh karena konsumsi obat obatan tertentu yang dapat menyebabkan iritasi pada usus si pengkonsumsi. Untuk jenis obatnya saya belum tahu, Pada bayi dan anak anak, anemia kekurangan zat besi biasanya disebabkan karena kurangnya asupan makanan yang mengandung zat besi dan beberapa factor yang telah saya jelaskan di atas  seperti infeksi cacing tambang ataupun malaria.
            Sama halnya penyakit lain, pengobatan anemia juga harus ditujukan pada penyebab terjadinya anemia. Umpamanya anemia yang disebabkan oleh perdarahan pada usus (infeksi usus akibat konsumsiobat tertentu) maka perdarahan itu harus kita hentikan untuk mencegah berlanjutnya anemia. Jika di perlukan pengobatan secara medis atau operasi dapat juga di lakukan.
            Anemia yang di sebabkan oleh kekurangan zat besi dalam di beri suplemen besi.. Untuk mengkoreksi anemia pernisiosa dapat di lakukan dengan memberikan suntikan vitamin B12. Bagi anemia yang disebabkan oleh pendarah yang abnormal dapat di lakukan transfuse darah. Namun tranfusi darah kemungkinan dapat menyebabkan infeksi dan menekan system kekebalan tubuh.
Mulai hidup sehat dengan asupan gizi yang cukup
            Setelah itu, apa yang harus anda lakukan? Pertama mmperbaiki kelangkaan zat besi, vitamin B12 atau asam folat, berhenti memakai dan mengurangi takaran obat penyebab anemia. Anemia juga dapat di cegah dengan mengonsumsi makanan bergizi dengan asupan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Zat besi dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi daging terutama daging merah asli. Perlu kita perhatikan bahwa zat besi yang terdapat pada daging lebih mudah di serao tubuh dari pada zat besi pada sayuran atau pada makanan olahan seperti sereal yang di perkaya dengan zat besi. seperti daging sapi. Zat besi dapat ditemukan pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam dan kangkung, buncis, kacang polong, serta kacang-kacangan yang lain.
Daging sapi merah
            Oleh sebab itu jagalah tubuh anda agar selalu sehat dengan cara rajin melakukan olahraga dan makan-makanan dengan asupan gizi yang terpenuhi dan teratur. Itulah beberapa informasi yang dapat saya berikan kepada anda, semoga dapat bermanfaat dan dapat di gunakan sebaik mungkin.

“Bekerjalah jika anda masih sanggup untuk bekerja, tetapi ingatlah juga untuk menjaga kesehatan tubuh anda, karena tanpa tubuh yang sehat anda tidak mungkin dapat melakukan pekerjaan itu”

"工作,如果你仍然可以工作,但还记得要保持身体的健康,因为如果没有一个健康的身体你可能无法做的工作"

Share This Post

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...