Flu

Friday, August 12, 2011


        
       Di zaman saat ini  iklim sulit untuk di prediksi. Mengapa? Faktor utama tentu pemanasan global, terutama di kota-kota yang banyak menggunakan kendaraan dengan polusi yang luar biasa mengancam alam di sekitar kita. The climate is fuckin’ hard to predicable. Kita sendiri bahkan tidak menyangka akan iklim atau cuaca yang akan datang. Kadang-kadang hujan, Kadang  panas. Oleh sebab itu kuatkan diri dari dalam untuk mencegah penyakit-penyakit masuk dan merusak pertahanan kalian. Tidak terkecuali Flu. Tentunya semua pernah mendengar kata flu ini, apalagi mengalaminya. Penyakit flu atau influenza memang menyiksa jika sedang menyerang kita. Tidak hanya perubahan cuaca yang begitu ekstrim yang dapat menyebabkan flu tetapi juga kelelahan. Walaupun sering dianggap sebagai penyakit ringan, tetapi mengalami flu tidaklah menyenangkan. Juga, seiring bertambahnya waktu, virus-virus flu bermutasi menyebabkan timbulnya berbagai penyakit flu yang membahayakan. Sebenarnya apa yang menyebabkan terjadinya flu lebih jelas, virus apa, dan bagaimanacara menghindari diri dari penyakit ini. Berikut saya akan menjelaskan kepada kalian mengenai Flu untuk lebih jelasnya.

*Virus*
           
   
   Flu, dapat meyerang anda kapanpun jika pertahanan tubuh anda dalam keadaan lemah atau kurang. Flu atau influenza disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus adalah mikroorganisme, yang berarti itu sangat kecil bahwa Anda tidak bisa melihatnya tanpa mikroskop yang kuat. Virus masuk ke dalam tubuh makhluk hidup kemudian menggunakannya sebagai tempat untuk berkembang biak. Virus ditularkan ke orang lain melalui butiran cairan dari air liur atau lendir yang dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Virus segera menyebar bersamaan dengan cairan yang dikeluarkan. Udara menjadi media penyebaran virus dan jika Anda menghirup udara tersebut dengan kondisi tubuh yang tidak fit atau keadaan tubuh anda sedang lelah dan tidak kuat untuk menahan masuknya virus sehingga dapat membuat Anda terjangkit flu. Itulah sebabnya penyebaran flu sangat mudah.


*Flu*
    Cara lain virus flu menyebar adalah saat seorang penderita flu yang memegang hidung atau mulutnya membuat virus flu berpindah ke tangannya. Ketika anda memegang apapun yang pernah di pegang oleh penderita flu, Virus tadi berpindah ke tangan Anda. Selanjutnya, baik sengaja atau tidak sengaja, Anda mungkin memegang mulut atau hidung, Akibatnya virus masuk ke dalam tubuh Anda dan dapat menyebabkan Anda mengalami flu. Itu lah sebabnya terkadang anda tidak menyangka akan terjangkit flu melalui hal sepele seperti ini, tapi jangan di anggap sepele karena media seperti inilah yang sebagian besar menjangkit orang-orang yang terkena flu tanpa mereka sadari.
            Flu tidak hanya menyerang manusia, tetapi dapat juga menyerang hewan atau unggas. Bahaya dari virus flu ini adalah virus dapat bermutasi sehingga menciptakan jenis baru yang tidak dapat ditangkal dengan sistem kekebalan tubuh. Berbagai jenis flu yang membahayakan seperti Flu Burung dan Flu babi harus diwaspadai. Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat, flu ini dapat menyebabkan kematian. Walau, kini wabah flu-flu tersebut telah merada, tetapi tidak ada salahnya jika Anda tetap melindungi diri dari berbagai penyakit flu yang tentunya juga tetap menjaga perawatan terutama kebersihan dari hewan peliharaan kesayangan anda.
          Mencegah lebih baik dan lebih murah daripada mengobati, ini tidak hanya berlaku untuk penyakit berat tetapi juga berlaku untuk penyakit seperti flu.. Melindungi diri Anda agar tidak tertular flu dapat menjadi cara flu tidak tertular kepada orang lain. Beberapa cara untuk melindungi Anda dari flu adalah:
            Banyak penderita flu yang biasanya menggunakan masker mulut untuk menghindari kontok dengan orang lain. Itu termasuk salah satu cara yang biasa. Cara agar virus flu tidak masuk ke dalam tubuh adalah dengan mencuci tangan secara benar. Tangan merupakan salah satu jalan masuk virus ke dalam tubuh. Karena sebagian besar bagian tubuh yang sering di gunakan dan rawan akan sentuhan benda – benda yang terjangkit virus flu adalah tangan.
            Oleh sebab itu, untuk mencegah tangan yang telah bervirus masuk ke dalam tubuh, sebaiknya cuci tangan jika anda merasa tangan anda kotor, setelah dari WC dan setelah memegang benda-benda kotor (seperti benda yang telah di pegang oleh lebih dari satu orang dalam keadaan tidak bersih).
            Hindari juga kebiasaan sering memegang hidung atau mulut yang tidak perlu dilakukan, lebih baik jika ingin memegang hidung atau mulut menggunakan tissue atau kapas agar lebih steril dan jangan juga menggunakan gelas atau handuk secara bersamaan dengan orang lain. Seperti alat service yang ada di tempat umum (handuk WC umum ataupun sabun). Sebaiknya anda membawa sendiri dari rumah untuk menghindari kontaminasi dari virus ini.
            Anda dapat menghindari terkena flu jika Anda memiliki ketahanan tubuh yang kuat. Cukup kuat di sini berarti anda tidak dalam keadaan 5L. Cara untuk memperkuat ketahanan tubuh terhadap virus adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi, terutama buah-buahan dan sayuran segar yang mengandung vitamin C. Makanan tersebut seperti :


*Paprika merah*

Sebagian orang mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi apabila gejala flu mulai menyerang. Bukan saja melawan gejala flu, vitamin C mempercepat periode gejala penyakit. Jus jeruk bukan satu-satunya pilihan vitamin C. Paprika merah mengandung vitamin C setara jus jeruk sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.


*Wortel*

Sayuran kuning dan oranye seperi wortel mengandung beta-karoten yang mengubah vitamin A sel T yang menjaga imunitas tubuh. Jennifer Zartarian, Periset asal Long Island College Hospital New York City menyarankan menu wortel dalam menu sehari-hari. 


*Almond Kacang*

Almond kacang ini terkenal dengan kandungan vitamin E, yang menangkal penyakit serta antioksidan yang baik. Makan segenggam almond sebagai cemilan kecil pada sore hari atau gunakan dalam menu utama. (Red : jangan lupa bahwa kacang mempunyai kalori yang tinggi)

*Ketang Manis*



Seperti halnya wortel, kentang manis mengandung beta-karoten yang mengubah vitamin A serta membantu pemulihan saluran pernapasan. Masak kentang menjadi sup, salad, dan makanan pembuka. (Red : 210 gr kentang = 175 kalori)

*Sup Ayam*


Sup ayam mengandung berbagai sayuran (seperti wortel) yang membantu mengobati peradangan dan mengurangi produksi lendir dan sakit tenggorokan. Sup ayam hangat memberi rasa hangat dan meningkatkan suhu tubuh serta menangkal infeksi.
 

*Bawang Putih*


Kandungan sulfur yang terdapat dalam bawang putih terbukti membunuh virus dan mencegah penyakit. Bawang putih dalam masakan dengan porsi cukup akan melindungi kesehatan. 

*Jahe*


Tanaman alami ini memiliki kandungan gingerol, terutama pada jahe segar. Gingerol berfungsi sebagai penangkal infeksi. Jenis bumbu dapur ini menyedapkan masakan penutup maupun makanan utama. 


*Ikan Salmon*


Dr Zartarian menyarankan agar memasukkan salmon dalam menu sehari-hari. Ikan laut itu merupakan sumber omega-3 yang meningkatkan imunitas tubuh. Ikan Salmon dapat dimasak sebagai hidangan utama atau campuran salad. (Red : 40 gr ikan = 50 kalori).

*Jamur-Jamuran*



Jamur yang sering ditemukan sebagai topping dalam pizza mengandung selenium, yang membantu sel darah putih memproduksi cytokines yang menyembuhkan penyakit. Jamur juga mengandung beta-glucan, sebuah antimikrobakteri yang mencegah terjadinya infeksi. Jamur dapat dimasukkan dalam hidangan sup, salad dan menu pembuka. 

*Coklat Hitam*
          
Memakan cokelat hitam membantu pengembangan sel T dan melawan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun seperti halnya gula dan dan alkohol, mengkonsumsi cokelat terlalu banyak malah merusak kesehatan.
            Selain makan makanan yang sehat, Istirahat atau tidur cukup setiap hari dapat memperkuat ketahanan tubuh Anda. Kurang tidur juga dapat menyebabkan berkurangnya daya tahan tubuh, maka penting agar Anda tidur cukup setiap malam. Tidur juga dapat membantu menghilangkan stress. Karena Stres merupakan salah satu penyebab melemahnya system imun. Olahraga tidak kalah penting untuk menambah daya tahan tubuh anda, tidak setiap bulan, tapi saya anjurkan untuk melakukan setiap hari walaupun hanya senam atau lari pagi.
            Jika Anda sudah terjangkit flu, Tidak perlu panic ataupun berlebihan untuk menangani flu anda. Anda dapat melakukan hal-hal agar penyakit Anda tidak bertambah parah. Banyak-banyak lah Beristirahat jika terkena flu. Istirahat atau tidur dapat memperkuat sistem imun tubuh, seperti yang sudah saya jelaskan.
            Jangan meremahkan manfaat air putih. Perbanyaklah minum air putih. Air putih dapat membantu tubuh agar tidak dehidrasi, karena saat flu banyak cairan yang dikeluarkan oleh tubuh. Air ini juga dapat mendorong dan membuang racun-racun yang ada dalam tubuh dan tentunya membuang semua penyakit anda
Melindungi diri dari flu berarti Anda melindungi orang lain dan juga kerabat ataupun keluarga dari sasaran penularan virus pada Anda. Jangan anggap remeh flu atau influenza dan hendaknya selalu meningkatkan daya tahan tubuh.
            Itulah beberapa informasi yang dapat saya berikan mengenai flu, Semoga bermanfaat bagi anda. 

“Mencegah lebih baik dan murah dari pada mengobati. Dan jangan pernah remehkan penyakit ringan karena itu akan malah memperberat penyakit yang anda derita

 "预防是比治疗更好,更便宜。而且从来没有低估轻微的疾病,因为它实际上将加重病情你痛苦"








Share This Post

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...